Monday, December 3, 2012

Sayuran Organik VS Sayuran Unorganik


:
1. Sayuran organik tidak  menggunakan pupuk buatan atau kimia
Pada umumnya petani untuk menanam sayuran banyak menggunakan tambahan pupuk buatan seperti Urea, KCl dan lainnya guna membantu pertumbuhan tanaman. 
Namun pada penanaman sayuran organik sama sekali tidak menggunakan pupuk buatan.  Yang digunakan adalah pupuk yang berasal dari alam, seperti kompos dan pupuk kandang yang berasal dari  kotoran hewan.
2. Sayuran organik tidak menggunakan pestisida buatan atau kimia
Sayuran organik ini dalam proses penanamannya tidak disemprot dengan pestisida seperti insektisida, fungisida maupun herbisida kimia lainnya. 
Untuk menanggulangi hama dan penyakit yang datang, biasanya pertanian organik ini dibuat rotasi atau pergantian tanaman dalam satu area dan waktu tertentu, atau menggunakan predator dari hamatersebut.  Sering pula menggunakan beberapa jenis tanaman herbal seperti basil sebagai benteng yang mengelilingi tanaman sayuran organik didalamnya. Cara lainnya adalah menggunakan screen net seperti dalam green house sehingga hama tidak dapat masuk.
Hal - hal tersebutlah yang membuat sayuran organik berbeda dari sayuran biasa dan tentunya membuat tubuh kita lebih sehat.

No comments:

Post a Comment