Sunday, September 30, 2012

TIPS BERKEBUN ORGANIK DIRUMAH


LAHAN
·         Tanaman kacang-kacangan seperti bncis, kacang panjang,edamame dsb akarnya dapat menyuburkan tanah.Sekali-kali tanam kacang-kacangan sebagai tanaman tumpangsari
·         Jika menanam di pot/polybag, usahakan besar pot/polybag sesuai dengan tanaman tsb setelah dewasa. Biasanya penetrasi akar sama jauhnya dengan diameter kanopi daun(diameter tanaman dilihat dari atas).Usahakan diameter pot/polybag sebesar diameter tanaman.

PRA SEMAI
·         Biasanya sebelum disemai,biji direndam dahulu (air suam kuku lebih baik).Namun beberapa biji tertentu sebaiknya jangan direndam seperti edamame,bayam,basil,kemangi.
·         Setelah direndam,biji dapat langsung disemai atau di pra semai

SEMAI
·         Menyemai bayam cukup repot karena bijinya sangat kecil sekali.Akibatnya biji bayam tidak dapat tersebar merata.Campur biji bayam dengan pasir halus ata sekam halus ata media lain yang besar butirannya kira-kira sama dengan biji bayam.biasanya dengan perbandingan 1:10. Aduk rata.Taburkan campuran tsb ke
lahan.Dapat juga dengan menggunakan amplop yang salah satu ujungnya dibuat lubang.masukkan biji bayam ke dalam amplop.Goyang2 amplop agar biji menebar dari lubang.
·         Menyemai sayuran jenis selada,jika banyak dapat menghabiskan waktu lama untuk menjaga jarak tanam yang baik.Gunakan sekam (bakar) kasar, basahi dengan air, campur dengan biji selada. Biji selada akan menmpel disekam.Taburkan sekam ke lahan semai.
·         Bibit yang kita semai biasanya dalam jumlah sedikit sehingga masih tersisa banyak. Untuk menjaga tingkat germinationnya tetap tinggi,tutup rapat kemudian simpan di lemari es.
·         Jika media terlalu basah,dapat mengakibatkan lapuk batang pada tanaman muda yang bar tumbuh, tetapi juga jangan kering.Jaga agar tetap lembab.

TANAM
·         Selalu lembabkan media sebelum menanam.
·         Menanam ke lahan sebaiknya pada sore hari untuk menghindari tanaman layu akibat panas sinar matahari. Jika harus menanam dipagi/siang hari, usahakan perakaran tidak terganggu.
·         Menanam umbi-umbian seperti wortel ata lobak jangan langsung pada bedengan yang baru diolah dan diberi ppuk dasar.Kandungan N yang tinggi menyebabkan pertumbuhan umbi2an krang baik(bercabang/berbul).Tanam dl dengan sayuran semusim, setelah itu dapat ditanami wortel atau lobak.menanam wortel atau lobak harus langsng ke lahan jika diinginkan hasil umbi yang bagus penampilannya. Pergerakan akar karena tanaman dipindahkan dapat menyebabkan arah pertumbuhan umbi tidak teratur,kecuali tidak mementingkan bentuk (misal dikonsumsi sendiri)
·         Tanaman tomat sangat rentan terhadap jamur (phitophtora)terutama musim hujan. Jika Sudah terserang umumnya sulit dipulihkan.Pencegahan dengan menyemprot tanaman dengan kapur.Jika layu daun karena virus,segera cabut dan musnahkan.
·         Yang membutuhkanair adalah akar,bukan daun.namun menyiram daun pada pagi hari atau sesudah hujan dapat membantu menghilangkan hama/penyakit yang terbawa air hujan atau akibat adanya embun pagi
·         Jika ingin memanen sayuran dalam bentuk baby (lebih muda) jarak tanam dapat diperpendek,sehingga jumlah yang dipanen lebih banyak.

PANEN

·         Sayuran yang akan dipanen dengan cara mencabut sebaiknya jangan disiram dahulu sehingga pada saat dicabut tidak terlalu banyak tanah yang terbawa akar.Selain lebih mudah dibersihkan,juga mengurangi media yang terbuang
·         Jika kailan batang hendak dipanendalam bentuk Baby yang dipanen adalah tunas yang muncul dari ketiak daun.Tunas jangan dipotong semuanya tetapi disisakan satu daun,sehingga dari ketiak daun tersebut akan muncul tunas baru yang kelak dapat dipanen.

HAMA DAN GULMA
·         Berbeda dengan pestisida kimia yang dapat mematikan hama sesaat setelah penyemprotan dilakukan,pestisida organik berefek sistemik.Biasanya efek pada hama dapat menurunkan nafsu makan sehingga lama kelamaan hama akan mati. Efek lain misalnya membuat hama mandul sehingga tidak dapat berkembang biak.Dalam hal ini didnia organik,hama tidak dapat dimusnahkan tetapi kita kurangi dan kendalikan.
·         Kombinasi sayuran dengan bunga dapat mengalihkan perhatian hama serangga,karena serangga lebih tertarik pada bunga.

PUPUK DAN PESTISIDA
·         Bekas air cucian beras (yang pertama) jangan dibuang.Selain dapat dipergunakan sebagai pupuk jga sebagai pestisida.
·         Air cucian daging juga baik sebagai pupuk
·         Bubuk cabai dari mie instant yang tidak terpakai dapat dipergunakan sebagai pestisida.larutkan dalam air panas dalam botol,kocok,diamkan.Ambil airnya.Aplikasi untuk mengusir hama ulat/belalang. (Smber bacaan : modul fam organik bandung)



No comments:

Post a Comment